BULOG Divre Yogyakarta Laksanakan Panen Raya Padi

Distan-PI. Bertempat di lapahan sawah milik Gabungan Kelompoktani Sumber Harapan, Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul pada Kamis (5/7) Bulog Divisi Regional DIY menyelenggarakan panen raya padi.

Pada sambutannya Kepala Bulog Divre Yogyakarta Ahmad Kholisun mengatakan kegiatan serupa seperti ini diharapkan jangan hanya berhenti di Kecamatan Bambanglipuro tetapi juga harus diikuti oleh seluruh Gapoktan yang ada di DIY. Panen raya ini diawali dari program hulu dan akhirnya sampai dengan panen raya ini.

“Bulog telah mencanangkan 4 program yang berkaitan dengan pertanian yaitu on farm sinergi, on farm kemitraan, on farm mandiri petani dan on farm mendiri bulog. Program-program tersebut dilaksanakan oleh Bulog tidak lain adalah untuk mencukupi ketersediaan stok nasional, sehingga Indonesia tidak mengimpor beras dari luar dengan tujuan akhir adalah kesejahteraan bagi petani. Beras yang dipanen ini merupaka beras kualitas medium,”kata Ahmad Kholisun.

Menurut Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Kementerian Pangan RI Dr. Ir. Iwantoro, M.Sc yang hadir dalam acara penen raya, bahwa panen raya di Gapoktan Sumber Harapan ini merupakan program percepatan serap gabah dan beras (Sergab) petani di mana Bulog akan siap menyerap berapapun gabah dan atau beras yang dihasilkan oleh petani asalkan sesuai dengan syarat gabah dan beras yang telah ditentukan oleh Bulog.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian DIY Ir. Sasongko, M.Si, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, Jajaran Muspika Kabupaten Bantul dan Kecamatan Bambanglipuro. (Admin)

... DISTAN GMAP ...