You are here: Informasi Berita Data Pertanian Berbasis Website dari PPL
 
 

Data Pertanian Berbasis Website dari PPL

E-mail Cetak PDF

Selangkah lagi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) bakal menjadi ujung tombak bagi era baru pembangunan pertanian Indonesia. Sebuah era baru pembangunan pertanian yang perencanaan, pelaksanaan dan pelaporannya berbasis pada data on-line yang akurat dan terbaharui secara terus-menerus karena dikumpulkan dan diunggah langsung oleh para PPL yang ada di perdesaan setiap minggu sekali.

Setiap PPL diberikan akses ke website yang diberi nama Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian (Simluhtan) yang dikelola Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan), Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian. Setiap PPL diberikan: 1) alamat di website Simluhtan, dan 2) kata sandi (password). Dengan alamat dan kata sandi tersebut setiap penyuluh diwajibkan memasukkan data: 1) perencanaan tanam yang dilakukan kelompok tani (Poktan) yang dibinanya berikut teknologi budidaya – pasca panen yang diterapkan, 2) mengawal pelaksanaannya dan 3) melaporkan hasil pelaksanaannya setiap minggu sekali melalui website Simluhtan.

Melalui Simluhtan itu menurut Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Fathan A. Rasyid, maka akan diperoleh data rencana tanam per kelompok tani dari seluruh Indonesia, data perkembangan tanamannya, data panen dan prediksi produksinya. Data tersebut dikumpulkan oleh para PPL dari kelompok tani yang dibinanya dan diverifikasi kantor penyuluhan di mana penyuluh tersebut berada.

Data kelompok tani (Poktan) sebelumnya telah diunggah ke Simluhtan oleh kantor penyuluhan pertanian tingkat kecamatan (BPP/BP3K) setempat. Data Poktan antara lain berisi: nama Poktan, desa, kecamatan, kabupaten, nama ketua, data anggota, usaha tani anggota dan luasannya, alamat sekretariat, no registrasi, dan penyuluh pendamping. Penyuluh ketika menginput data perencanaan tanam, mereka tinggal memilih nama Poktan yang dibinanya dan mengklik-nya untuk diunggah datanya ke Simluhtan dan mengisi data-data perencanaan yang diminta Pusluhtan.

Dari input data perencanaan tanam, perkembangan bimbingan dan laporan perkembangan tanaman dan panennya yang diunggah para PPL di seluruh Indonesia, itulah pemerintah pusat menilai kinerja PPL. Dengan sistem ini, pemerintah pusat berharap semua PPL yang ada di seluruh Indonesia bekerja dan membina langsung para petani, mendampingi mereka agar bisa berproduksi dengan hasil yang tinggi dan sejahtera. Dengan sistem on-line ini juga, pemerintah pusat berharap segala bantuan, penghargaan dan tunjangan untuk PPL bisa lebih efektif dan terukur.sumber (http://tabloidsinartani.com/read-detail/read/data-pertanian-berbasis-website-dari-ppl/)