You are here: Informasi Berita Mentan dan Mendag Menggelar Rapat Koordinasi Pangan
 
 

Mentan dan Mendag Menggelar Rapat Koordinasi Pangan

E-mail Cetak PDF

Jakarta, -- Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita menggelar rapat koordinasi untuk memastikan seluruh hasil pertanian akan menjadi prioritas kerja agar kelangsungan ketersediaan pangan dapat terpenuhi dengan baik di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Senin (08/08).

Koordinasi yang dilakukan oleh dua Kementerian tersebut merupakan implementasi instruksi Presiden RI Joko Widodo guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama untuk petani dan peternak yang berhubungan langsung dengan pangan di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Mentan mengungkapkan akan terus berupaya meningkatkan produksi dan memastikan petani tidak ada yang dirugikan. Selain itu, Mentan manambahkan akan turut membantu pada upaya menstabilkan harga pangan untuk masyarakat.

“Kita akan memastikan produksi terus ditingkatkan, rantai pasok akan diperbaiki agar supply chain-nya tidak terlalu panjang. Semua agar petani tidak dirugikan dan konsumen mendapatkan harga yang tidak mahal,” kata Mentan.

Seiring dengan kebijakan yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan), Mendag menyebutkan, pihaknya bersama Kementan akan melakukan intervensi pasar, mengambil dan membeli untuk beberapa komoditi utama, dengan menugaskan ke Bulog. Mendag mengharapkan kepada Bulog agar tidak menyebutkan alasan tidak ada pendanaan untuk melakukan penyerapan hasil petani, sehingga dari keadaan tersebut terdapat jaminan seluruh produksi petani akan terserap.

“Pada masa panen berikutnya, petani akan dengan semangat menanam padi dan produksi kita akan meningkat,” pungkas Mendag.

Dukungan terhadap Mentan terungkap dari Mendag saat menyebutkan bahwa tingkat ketersediaan dan produktivitas beberapa tahun belakangan ini meningkat karena kepemimpinan Mentan.

“Beliau saya lihat terus-menerus berada di lapangan memastikan produksi dari petani terjaga. Kami bersyukur memiliki Mentan seperti Bapak Amran ini, karena tidak tahu kapan istirahat dan kapan bisa tidur, beliau selalu di lapangan. Saya sendiri mengakui akan kesulitan mengikuti gaya Mentan ini yang sangat aktif di lapangan,” aku Mendag.

Terdapat tiga poin penting yang akan menjadi perhatian pemerintah ke depan dalam sektor pertanian dan perdagangan yakni jaminan ketersediaan bahan pokok, stabilitas harga, dan keterserapan hasil produksi dalam negeri.

Sumber: http://www.pertanian.go.id