Kabupaten Bantul Selenggarakan Gebyar Siwab dan Panen Pedet

Distan-PI. Bertempat di Pasar Hewan Imogiri, Karang Talun, Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul, pada Rabu (17/10), Kepala Dinas Pertanian DIY Ir. Sasongko, M.Si bersama dengan Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian DIY Ir. Sutarno menghadiri acara Gebyar SIWAB dan Panen Pedet yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. Selain itu beberapa tamu undangan antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs. Riyantono, M.Si, Kasubdit Pengamatan Penyakit Hewan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI drh. Budi Angkasa, Kepala BBPTUHPT Baturaden drh. Sintong Hutasoid, Kepala Dinas Pertanian Pangan, Perikanan, dan Kelautan Kabupaten Bantul Ir. Pulung Haryadi, M.Sc serta segenap Muspika Kabupaten Bantul.

Dalam sambutannya Ir. Sasongko, M.Si mengatakan pangan merupakan kebutuhan dasar utama manusia yang pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi setiap masyarakat. Pangan senantiasa harus tersedia secara cukup, aman, bermutu, bergizi, dan beragam dengan harga yang terjangkau daya beli masyarakat, serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat.

“Dalam rangka pemenuhan protein hewani pada masyarakat khususnya yang berasal dari daging sapi, pemerintah telah melaksanakan upaya-upaya melalui berbagai program dan kegiatan untuk peningkatan populasi ternak, salah satunya adalah Program UPSUS SIWAB,”kata Ir. Sasongko, M.Si.

Lebih lanjut Ir. Sasongko, M.Si mengatakan pada tahun 2018 ini Daerah Istimewa Yogyakarta ditargetkan untuk akseptor sebanyak 100.800 ekor, sapi yang bunting 70.560 ekor dan kelahiran pedet sebanyak 56.488 ekor. Panen pedet tahun ini Kabupaten Bantul merupakan kegiatan panen pedet di DIY yang ketiga, yang sebelumnya telah dilakukan di Kabupaten Bantul pada Bulan Januari 2018 dan Kabupaten Gunungkidul pada Bulan Mei 2018. Mudah-mudahan setelah Kabupaten Bantul ini akan segera menyusul Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulon Progo.

“Kami berharap para peternak dapat mengoptimalkan sapi betina untuk bunting dan jangan hanya seremonial saja, serta dapat menghasilkan pedet yang berkualitas. Selamat Kepada Kepala Dinas Pertanian Pangan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bantul beserta para jajarannya yang telah melaksanakan Gebyar Siwab dan Panen Pedet. Semoga kelahiran pedet di Kabupaten Bantul pada khususnya dan di DIY pada umumnya dapat meningkatkan populasi dan kesejahteraan masyarakat peternak,”tutp Ir. Sasongko, M, Si. (admin)

... DISTAN GMAP ...