Pengajian Pejabat Aparat Lingkup Pemda DIY

PI-Distan. Pemda DIY pada setiap bulannya menyelenggarakan pengajian pejabat dan aparat Lingkup Pemda DIY. Pada Rabu (4/4) bertempat di halaman Kantor Dinas Pertanian DIY, diselenggarakan pengajian pejabat dan aparat Lingkup Pemda DIY. Pengajian dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian DIY Ir. Sasongko, M.Si dan pejabat serta aparat lingkup Pemda DIY.

Pengajian mengangkat tema Iman Sebagai Basis Pembangunan Karakter Umat. Penceramah pada kesempatan tersebut adalah Uztad Dr. H. Muhammad Anis. Dalam tauziyahnya, Uztad Dr. H. Muhammad Anis mengatakan nilai dari iman adalah berkata jujur dan benar. Otak manusia memproduksi hormon oksitoksin dan serotonin. Hormon tersebut dapat membuat kita menjadi rileks, artinya dengan tubuh kita memproduksi hormon tersebut perasaan kita menjadi tenang dan tenteram. Esensi dari kebaikan adalah kebenaran. Orang yang selalu berbohong memiliki potensi stress tinggi dibandingkan dengan orang yang jujur, begitu pula tenaga yang dikeluarkan oleh orang yang suka berbohong lebih besar dibandingkan dengan orang yang jujur.

“Kebohongan adalah produk dari jiwa yang sakit. Orang yang beriman secara verbal harus berkata baik terhadap sesama manusia, bila secara perilaku adalah berkata dengan jujur dan benar, dan bila telah terinternalisasi dalam jiwa dapat menjadi karakter dari seseorang. Orang yang beriman pasti sabar dan dapat mengendalikan diri dalam segala situasi dan kondisi,”lanjut Uztad Dr. H. Muhammad Anis.

Lebih lanjut Uztad Dr. H. Muhammad Anis menyampaikan bahwa seseorang yang dapat mengendalikan nafsu, adalah orang yang memiliki kecerdasan emosional, dan kecerdasan emosional tersebut memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari kecerdasan intelektual. Orang yang beriman salah satu cirinya adalah pemaaf. Orang yang beriman adalah orang yang menyambung persaudaraan berdasarkan rahmah.

Rahmah dapat diartikan menjadi 3 (tiga) yaitu:

  1. Rahmah adalah murah, diartikan bahwa suka memberi dengan ikhlas dan suka memberi manfaat kepada orang lain,
  2. Rahmah adalah memaafkan,
  3. Rahmah berarti lembut dan santun, bila berkata kepada orang lain dengan lemah lembut dan bersikat santun atau menghargai orang lain. (Admin)
... DISTAN GMAP ...