Peran Laboratorium Pengujian di DIY

Penyediaan pangan yang aman bagi masyarakat merupakan salah satu tanggung jawab pemerintah seperti yang diamanatkan dalam Undang-undang No. 18 tahun 2012 tentang Pangan pada bab I pasal 1 bahwa keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi. Lebih jauh dijelaskan dalam Peraturan Menteri Pertanian RI No 04/ Permentan/PP.340/2/2015 bahwa keamanan PSAT (Pangan Segar Asal Tumbuhan) adalah suatu kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah PSATdari kemungkinan mengandung cemaran kimia dan cemaran biologis melampaui batas maksimum. Cemaran kimia yang dimaksud adalah residu pestisida dan cemaran logam berat. Sedangkan cemaran biologis adalah cemaran dalam PSAT yang berasal dari bahan hayati, seperti Escherichia coli, Salmonella sp.

Penggunaan pestisida terutama pestisida kimia dalam budidaya tanaman masih banyak digunakan oleh masyarakat petani. Pestisida secara harfiah dapat diartikan sebagai zat kimia atau bahan lain yang digunakan untuk membasmi hama (pest). Pestisida merupakan salah satu cara untuk melawan OPT Pestisida yang digunakan sebagian akan mengenai sasaran, mengenai tanaman, terbawa oleh angin dan sebagian lainnya akan jatuh ke tanah dan air mencemari lingkungan. Dengan berlalunya waktu, sebagian pestisida akan menguap ke udara dan sebagian lagi akan terurai karena pengaruh cahaya, kelembaban, enzim dan jasad renik. Disamping itu sebagian akan tersisa pada hasil panen maupun lingkungan. Pestisida yang tersisa itulah yang disebut residu pestisida.

Residu pestisida terutama pada produk pertanian belakang ini menjadi isu hangat karena dampak yang ditimbulkan pada manusia sebagai konsumen sangat berbahaya bagi kesehatan. Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 2 tahun 2014 tentang Penjaminan Mutu dan Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan dan Peraturan Gubernur DIY nomor 22 tahun 2016 tentang Pedoman Penjaminan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan menjadi salah satu regulasi di DIY untuk menjamin keamanan pangan. Keberadaan Peraturan Daerah tersebut menuntut ketersediaan laboratorium pengujian yang kompeten dalam pengujian keamanan pangan terutama Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT), salah satunya laboratorium pengujian residu pestisida. Keberadaan laboratorium pengujian residu pestisida sangat diperlukan di DIY baik bagi instansi pemerintah maupun pelaku usaha budidaya tanaman pertanian. Biaya pengujian yang cukup tinggi di laboratorium swasta menjadi kendala pelaku usaha (petani) dalam upaya peningkatan daya saing melalui penyediaan produk tanaman yang aman dari residu pestisida yang dibuktikan dengan hasil pengujian laboratorium. Untuk itu, Dinas Pertanian DIY melalui UPTD Balai Proteksi Tanaman Pertanian (BPTP) pada tahun 2016 mulai melaksanakan opersional LPMPT (Laboratorium Pengujian Mutu Produk Tanaman) dengan ruang lingkup pengujian residu pestisida. Pengujian residu pestisida yang dilakukan di LPMPT menggunakan instrument GC-MS (Gas Chromatograph Mass Spectrometer).

Prinsip dasar penggunaan GC-MS adalah :

Adalah pemisahan suatu campuran senyawa-senyawa menjadi komponen-komponen yang terpisahkan.
Pemisahan cuplikan menjadi komponen-komponen individual memudahkan untuk identifikasi (kualitatif) dan mengukur kadar (kuantitatif) dari bermacam-macam komponen cuplikan.
Parameter uji yang tersedia di LPMPT adalah bahan aktif pestisida : Profenofos, Chlorpyrifos, Cypermethrin, Deltamethrin, Carbaryl, Carbofuran, Diazinon, Methidation, Cyhalotrin, Permethrin, Fenpropathrin, Cyflutrin, Tebuconazol, Difenoconazol dan Chlorotalonil.

LPMPT sebagai salah satu instalasi laboratorium di UPTD Balai Proteksi Tanaman Pertanian Dinas Pertanian DIY yang berlokasi di Gesikan, Wijirejo, Pandak, Bantul memberikan pelayanan kepada masyarakat petani dengan alur sebagai berikut :

Laboratorium Pengujian Mutu Produk Tanaman (LPMPT)

UPTD BPTP Dinas Pertanian DIY

Alamat : Gesikan, Wijirejo, Pandak, Bantul

CP : Maftuchatul C (0818272396)

... DISTAN GMAP ...