Registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT)

Peningkatan daya saing produk pertanian dapat dilakukan melalui mekanisme penjaminan mutu dan keamanan pangan. Bentuk jaminan mutu produk hasil pertanian adalah sertifikat jaminan mutu dan atau label yang menyatakan kesesuaian produk terhadap standar atau persyaratan teknis minimal lain yang diacu. Penerapan jaminan mutu merupakan langkah penting bagi pelaku usaha untuk mendapatkan pengakuan formal terkait dengan jaminan mutu yang diwujudkan dalam bentuk sertifikat. Sertifikat menjadi alat bukti penerapan sistem manajemen mutu dan dapat menjadi jaminan keberterimaan pangan baik di pasar domestik maupun internasional.

Dalam upaya menyediakan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) yang bermutu, aman, sehat, dan layak konsumsi, pemerintah membuat regulasi yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 51 Tahun 2018 tentang Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT). Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) adalah pangan yang berasal dari tumbuhan dan belum mengalami pengolahan serta dapat dikonsumsi langsung dan/atau menjadi bahan baku pengolahan pangan.

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki produsen sekaligus konsumen pangan segar asal tumbuhan sehingga Pemerintah Daerah D.I. Yogyakarta berkewajiban untuk melindungi masyarakat dari konsumsi pangan segar yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang, serta jaminan pemasaran pangan segar produksi lokal di daerah. Komitmen ini terwujud dalan Peraturan Daerah Provinsi DIY Nomor 2 Tahun 2014 tentang Penajminan Mutu dan Keamanan Pangan Asal Tumbuhan. Ruang lingkup dari Perda tersebut meliputi jaminan mutu dan keamanan pangan segar serta peredaran dan pemasaran pangan segar. Dengan diberlakukannya Perda ini diharapkan produk hasil pertanian yang dihasilkan oleh pelaku usaha di Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki registrasi PSAT sehingga PSAT yang beredar di masyarakat telah mempunyai jaminan mutu dan keamanan pangan.

Registrasi PSAT merupakan salah satu penjaminan bahwa produk pertanian telah dinyatakan memenuhi persyaratan keamanan pangan. Untuk produk dalam negeri, produk pertanian akan memperoleh nomor registrasi PD (Produk Dalam). Tujuan adanya Registrasi PSAT (Pangan Segar Asal Tumbuhan) adalah untuk memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan, memberikan jaminan dan perlindungan masyarakat/konsumen, mempermudah penelusuran kembali dari kemungkinan penyimpangan mutu dan keamanan produk, meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk. Dengan adanya registrasi dan sertifikasi untuk Produk Pangan Segar yang beredar di masyarakat, maka tidak akan ada lagi kasus-kasus yang meresahkan masyarakat. Karena semuanya telah mendapat jaminan mutu dan keamanan pangan. Apabila terjadi sesuatu maka pemerintah mudah untuk melacak dan melakukan penelusuran kemungkinan terjadinya penyimpangan mutu maupun keamanan pangan dari hulu hingga hilir.

Lembaga penjaminan mutu yang berkompetensi untuk menerbitkan registrasi PSAT ini adalah OKKP-D (Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah). Sertifikasi untuk registrasi PSAT ini berlaku selama 5 tahun dan akan dilakukan surveillance atau peninajuan berkala sekurang-kurangnya sekali dalam setahun.

Ditulis Oleh Ratriani Puspita Hastuti, STP (Pengawas Mutu Hasil Pertanian Ahli Pertama)

... DISTAN GMAP ...