UPTD Balai Proteksi Tanaman Pertanian (UPTD BPTP)
Kepala Balai : Ir.Suparjono
Jl. Gondosuli No. 6 , Kelurahan Semaki, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta Kode Pos 55165

Telepon (0274) 588938


UPTD BPTP merupakan salah satu unit pelaksanan teknis  Dinas yang berada dilapangan yang mempunyai tugas dalam bidang proteksi tanaman pangan dan hortikultura.

Proteksi atau perlindungan  tanaman pertanian merupakan bagian integral dari  sistem produksi dan pemasaran hasil pertanian yang bertujuan untuk memperkecil resiko kehilangan hasil akibat serangan OPT pada budidaya tanaman pangan dan hortikultura, sehingga produksi akan  mantap baik kualitas ,kuantitas dan kotinyuitas sehingga menguntungkan petani yang berpengaruh terhadap pendapatan dan kesejahteraan petani , menjamin kesehatan manusia serta mempertahankan kelestarian lingkungan hidup.

UPTD BPTP mempunyai fungsi:

  1. penyusunan program Balai.
  2. pelaksanaan pengamatan, penetapan diagnosa, peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) dan dampak fenomena iklim.
  3. penyebaran informasi keadaan serangan OPT dan dampak fenomena iklim.
  4. pelaksanaan pengembangan teknologi pengendalian OPT.
  5. pelaksanaan penanggulangan wabah hama dan penyakit tumbuhan.
  6. pelaksanaan kegiatan ketatausahaan Balai.
  7. pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan program Balai.
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.

UPTD BPTP terdiri dari:

  1. Kepala Balai.
  2. Subbagian Tata Usaha yang mempunyai tugas melaksanakan kearsipan, keuangan, kepegawaian, pengelolaan barang, kerumahtanggaan, kehumasan, kepustakaan, serta penyusunan program dan laporan kinerja
  3. Seksi Pelayanan Teknis yang mempunyai tugas melaksanakan diagnosa, peramalan dan penyebaran informasi organisme pengganggu tumbuhan (OPT)
  4. Seksi Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Balai di bidang pengembangan teknologi pengendalian organisme pengganggu tumbuhan (OPT) dan dampak fenomena iklim
  5. Kelompok Jabatan Fungsional.

Dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pokok dan fungsi tersebut UPTD BPTP dilengkapi dengan unit Laboratorium Pengamatan Hama dan Penyakit (Lab PHP) yang berlokasi di Wijirejo,Pandak,Bantul .

Kantor UPTD BPTP berada di Jalan Pertanian, Wonocatur, Banguntapan, Bantul  yang  didukung oleh karyawan sebanyak 74 orang PNS yang terdiri dari golongan IV (6 orang), golongan III (51 orang), golongan II  (14 orang) dan golongan I (3 orang) dengan jumlah tenaga struktural  32 orang, petugas OPT  10  orang dan fungsional POPT 32 orang.

Layanan Laboratorium Pengamatan Hama dan Penyakit Tanaman (LPHPT DIY)

... DISTAN GMAP ...